Senin, 27 Oktober 2008

Hari Blogger Nasional

Tidak banyak yang tahu bahwa tanggal 27 Oktober merupakan hari Bloger Nasional. Yupz termasuk saya tentunya. Nggak pernah nyangka kalau dunia blog juga punya hari jadi. Bahkan yang lebih mengagetkan saya, ternyata hari Blogger Nasional (harblognas) yang jatuh pada hari ini (tanggal 27 Oktober) ternyata telah berlangsung selama dua tahun. Atau dengan kata lain harblognas ini telah ditetapkan sejak tahun 2007 lalu. Wow, apakah saya ketinggalan ?? Saya pikir belum, toh seandainya dibilang ketinggalan juga tak mengapa. Pasalnya, lebih baik ketinggalan dari pada tidak tahu sama sekali, betul ??!!

Mengenai harblognas ini, saya memang baru mengetahuinya. Tepatnya baru tadi pagi ketika saya melihat salah satu acara berita di TV One. Dalam acara itu saya mendapati beberapa orang yang sedang berdialog, temanya tentu saja “Hari Blogger Nasional”. Dalam dialog tersebut juga tampil seorang artis sekaligus politisi mbak Angelina Sondakh beserta dua orang lagi yang menurut saya mereka adalah orang-orang yang cukup piawai dan paham betul dengan dunia blog. Dari situlah kemudian saya tahu bahwa ternyata tanggal 27 Oktober telah menjadi peringatan Hari Blogger Nasional, wow amazing bukan.

Dalam sesi dialog itu juga diinformasikan bahwa pemerintah akan memberlakukan adanya kode etik dalam dunia blog atau dalam bahasa kita lebih dikenal dengan nge-blog. Secara pribadi saya menyetujui adanya aturan tersebut. Alasannya, agar tulisan-tulisan yang muncul dalam jendela browser lebih teratur. Pasalnya, tidak jarang saya menemui adanya blog-blog yang secara bebas menggunakan bahasa yang menurut saya kurang tepat untuk diletakan dalam sebuah media yang bisa di akses oleh siapa saja termasuk anak-anak. Jadi dengan diberlakukannya kode etik ini, mudah-mudahan para blogger diseluruh dunia bisa lebih bijaksana dalam melaksanakan aktivitas nge-blog, tahu mana yang harus di posting dan mana yang tidak layak untuk dipublikasikan. Semoga apa yang telah direncanakan oleh pemerintah, bisa segera direalisasikan. Tentunya dengan harapan bahwa dengan adanya aturan-aturan itu, kreativitas para bloger masih tetap bisa menghiasi jendela informasi dan masih tetap bisa memberikan sumbangan-sumbangan berharganya bagi generasi penerus bangsa.

***

"SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL"
...marilah kita nge-blog rame-rame yeah... :)

Tidak ada komentar: