Minggu, 23 September 2012

:: Terimakasih Abang Ku ::


Ketika itu adalah hari kamis. Saya bersama dengan seorang rakan saya dan satu orang perwira pendamping berangkat ke Jogjakarta pukul 07.00 wib. Kami pergi meninggalkan kota Magelang menuju kota Jogja dengan mengemban misi penting.  Tujuan utama kami adalah Bandara Adhi Sutjipto, Jogjakarta. Kami tiba di bandara sekitar pukul 08.00 wib. Rencana pesawat mendarat pukul 08.30 wib. Dengan demikian kami harus menunggu setengah jam sebelum pesawat yang kami tunggu itu tiba. Tiga puluh menit kemudian, pesawat itu mendarat di landasan Adi Sucipto. Kami segera bergegas menjemput beliau. Saya seketika sudah berdiri di depan pintu pesawat menyambut kedatangan tamu dari Jakarta itu. Pintu pesawat terbuka, satu persatu penumpang keluar dan turun menyusuri anak tangga. Hingga sampai pada urutan kesekian, keluarlah sosok pria dengan paras yang sudah tidak asing lagi bagi kami. Dengan menggunakan jaket warna hijau TNI. Pada bagian dada kiri bertuliskan “Indonesia”, sedangkan di dada sebelah kanan bertuliskan “Agus Harimurti Yudhoyono”.


Sesaat sebelum kaki beliau menginjakan tanah, penghormatan saya berikan kepada beliau dilanjutkan dengan menjabat tangan beliau diikuti ucapan “Selamat Datang”. Inilah orang yang kami tunggu selama 30 menit. Segera kami bergegas pergi meninggalkan bandara menuju Kampus Akademi Militer, Magelang. Dalam perjalanan tersebut terdapat tiga mobil yang berjalan satu banjar. Mobil paling depan adalah Pregio yang berisi rekan saya, dan tim dari akmil termasuk Paping. Mobil paling belakang adalah Kijang Krista yang didalamnya terdapat ajudan dan asisten Mayor Agus. Sedangkan ditengah-tangah adalah mobil utama jenis Alpard. Didalam mobil ini terdapat supir, ajudan, setmilpers, asisten, saya, dan tentu saja Mayor Agus sendiri. Sungguh suatu kebanggan dapat duduk satu mobil mendampingi beliau. Suasana diperjalanan bagi saya amatlah tegang. Bukan karna belaiu adalah anak Presiden, tapi karena beliau orang hebat yang memiliki segudang prestasi sekaligus juga sebagai senior saya. Tidak sedikitpun mata ini mau terpejam sepanjang perjalanan. Beliau orang yang ramah dan sangat berwawasan. Terihat dari cara dia berbicara dan memberikan masukan-masukan kepada saya. Sungguh perjalanan yang bermanfaat. Kami tiba di Akademi Militer pukul 11.00 wib. Di depan Main Hall gubernur Akademi Militer sudah berdiri bersama para pejabat akmil kalinya menyambut kedatangan Mayor Inf. Agus Harimurti Yudhoyono, M. Sc. M.P.A.


Kami taransit sejenak di ruangan Gubernur dan kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke kantor Resimen Akademi Militer. Disana sudah berdiri Wakil Komandan Resimen beserta para Wadanyon yang merupakan satu lefting dengan mayor Agus semasa taruna dulu. Setelah itu kegiatan kami lanjutkan dengan berjalan menuju Paviliun 5A, tempat beliau tinggal pada waktu taruna tingkat III. Pukul 13.00 wib, kegiatan kami lanjutkan dengan melaksanakan makan siang bersama Taruna di rukan Husein. Disana beliau menyampaikan beberapa sambutan dan ucapat terimaksih kepada resimen korp taruna.

Sore hari kami beserta rombongan mayor Agus bergerak menuju Gedung Nasution untuk melaksnakan pemeriksaan terakhir terhadap perangkat dan peralatan yang akan digunakan untuk presentasi esok hari. Pada malam hari, kami beserta Mayor Agus pergi menuju ke SMA Taruna Nusantara Magelang untuk melaksanakan makan malam bersama. Disana beliau memberikan sedikit ceramah dan motivasi bagi adik-adik SMA TN agar tetap semangat dalam menjalani segala aktivitas.

Keesokan harinya, yaitu hari Jumat kegiatan beliau adalah memberikan ceramah mengenai “Tantangan Abad 21”. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00 wib. Pada acara tersebut dihadiri oleh Taruna dari Akademi Militer, AAL, AAU, dan AKPOL. Hadir juga sejulah mahasiswa dari PTN dan PTS di sekitar Jateng dan DIY, serta adik-adik dari SMA TN Magelang. Terlihat mereka sangat atusias untuk mengikuti ceramah dari mayor agus. Sejumlah pertanyaan muncul sebagai tanggapan dari ceramah tersebut. Kegiatan ceramah selesai pukul 11.20 wib. Kami pun segera bergegas menuju Jogjakarta, dikarenakan pukul 15.30 wib beliau beserta rombongan harus terbang kembali menuju Jakarta. Sebelum tiba di bandara, terlebih dulu kami singgah di Markas AAU. Disana rencananya beliau akan melaksanakan makan siang bersama taruna Angkatan Udara beserta Peserta Bapimkortar.  Pada pukul 14.00, rombongan Mayor Agus meninggalkan Akademi Angkatan Udara dan menuju ke bandara Adi Sucipto, Jogjakarta. Detik-detik menuju waktu yang tersisa sebelum kami berpisah dengan abang kami. Sungguh suatu pengalaman yang sangat berharga bagi kami dapat mendampingi beliau selama di Magelang. Hingga waktu yang dinanti pun tiba. Petugas bandara masuk ke ruang transit tempat kami dan rombongan Mayor Agus menunggu datangnya pesawat dan memberi tahu bahwa pesawat tujuan Jakarta sudah siap lepas landas. Sebuah salam perpisahan pun terucap. Terimakasih Abang ku, pesan-pesan mu akan selalu kami ingat dan akan kami sampaikan kepada rekan-rakan kami. Selamat jalan Mayor Inf. Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc. M.P.A beserta rombongan.

1 komentar:

A Walk to Remember mengatakan...

why is he still looking cool eventhough he has married? ck ck
he is so awesome.

note :
btw, tulisannmu banyak yg masi typo, bang. Its better to correct before publishing it. :)