Senin, 01 Oktober 2012

:: Thanks For the Appreciation ::

Lembah tidar (/10), sebuah kebahagiaan tersendiri apabila hasil karya kita mendapat apresiasi dari orang lain. Bagi pembuat patung misalnya, merupakan suatu kepuasan jika melihat hasil karyanya dipuji oleh orang lain. Pencipta program perangkat lunak komputer, menjadi suatu kepuasan apabila produk ciptaannya banyak dipakai oleh orang. Begitu pula dengan wartawan, jerih payahnya terbayar dengan kepuasan yang mereka dapatkan ketika hasil liputannya dicetak dan dibaca oleh masyarakat. Apresiasi itulah yang menjadi munisi tambahan bagi kita ketika kita berada di titik kejenuhan. Seakan-akan menjadi cambuk yang menyalurkan energi dan semangat untuk tetap berkarya memberikan yang terbaik untuk orang lain.

Apresiasi berasal dari bahasa Inggris, appreciation yang berarti penghargaan yang positif. Sedangkan pengertian apresiasi adalah kegiatan mengenali, menilai, dan menghargai bobot seni atau nilai seni. Biasanya apresiasi berupa hal yang positif tetapi juga bisa yang negatif. Sasaran utama dalam kegiatan apresiasi adalah nilai suatu karya seni. Secara umum kritik berarti mengamati, membandingkan, dan mempertimbangkan. Tetapi dalam memberikan apresiasi, tidak boleh mendasarkan pada suatu ikatan teman atau pemaksaan. Pemberian apresiasi harus dengan setulus hati dan menurut penilaian aspek umum.
Dari pengertian di atas dapat di simpulkan bahwa apresiasi positif dapat diberikan kepada seseorang, atau beberapa individu atau sebuah kelompok yang melakukan karya positif dengan suatu hal yang positif juga, atau sebaliknya.

Itulah yang sedang saya rasakan saat ini, mengabaikan satu kegiatan yang sebenarnya sudah sangat sering saya lakukan dulu. Saya bukan penulis dan saya tidak hobi menulis. Hanya karena kesenangan saya menggunakan komputer untuk melatih ketrampilan jari-jari saya untuk mengetik, akhirnya sekarang muncul produk2 tulisan ini. Sempat berhenti untuk beberapa saat, dan sekarang kembali saya tampilkan bentuk tulisan serdadukecil. 




Masih berkaitan dengan apresiasi, saya merasa sangat tersanjung ketika melihat atribut dan produk accesoris non militer saat ini justru menggunakan tema militer. Mulai dari pakaian, celana, tas, bahkan sekarang mulai muncul sepatu (high hill) bercorak militer. Mungkin benar istilah “Miitary look is so hot right now”. Merupakan suatu kebanggaan tersendiri jika TNI bisa menjadi bagian dari seluruh lapisan masyarakat. Semoga bukan hanya corak nya saja yang kalian ciptakan, namun semangat dan nasionalisme kami dapat kalian ikuti dan aplikasikan untuk kebaikan bersama.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

sepertinya memang iya ya "military look is so hot right now",, (lupakan) hahaha,,bakalan nunggu tulisan selanjutnya sepertinya, menarik,, syemangatt :D