Kamis, 21 Juli 2011

=Latihan Widya Yudha=

"..latihan hakikatnya adalah kesejahteraan bagi prajurit..", itu kata Gubernur Akademi Militer Mayor Jenderal TNI Bachtiar, S.IP. Menurut beliau dengan berlatih yang benar dan bersungguh-sungguh, maka prajurit akan terhindar dari korban sia-sia yang tidak perlu terjadi dalam suatu medan pertempuran. "briliant" mata ketap-ketip,kerling-kerling,gak jelas,,

Jadi latihan Widya Yudha merupakan bagian dari program latihan berjenjang yang bertujuan untuk memberikan bekal kepada Taruna dalam mengaplikasikan kemampuan teknik dan taktik bertempur tingkat Regu dan Peleton dalam hubungan Kompi dan Batalyon. Latihan ini merupakan rangkuman dari keseluruhan materi latihan yang telah diberikan selama kurun waktu sebelumnya.

****

Kami berangat dari Home Base sekitar pukul 05.30 wib menuju Wonosobo. Perjalanan berlangsung sekitar 2 jam, dan kami sampai di alun-alun Wonosobo pukul 07.45 wib. Kegiatan yang pertama kali dalam latihan kali ini adalah laksanakan Upacara Pembukaan. Upacara ini dipimpin langsung oleh Gubernur Akmil Mayjen TNI Bahtiar S.IP. Selesai melaksanakan upacara, rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju Daerah Persiapan (DP).

Kegiatan di hari pertama relatif tidak begitu melelahkan. Kami hanya stanby di DP melaksanakan rangkaian kegiatan taktis dan administrasi. Khusus untuk Taruna tingkat tiga laksanakan langkah-langkah P3 untuk menunjang materi Germa yang akan dilakukan pada esok hari. Sebelumnya rombongan telah dibagi menjadi beberapa Pleton yang masing-masing pleton terdiri dari tiga regu.

Hari ke-2

Pagi-pagi benar regu saya sudah bangun untuk melaksanakan persiapan dan makan pagi. Bersiap-siap laksanakan kegiatan Germa (gerak maju). Berdasarkan informasi yang telah diterima, regu saya akan menempuh rute germa sejauh 5 km. Regu saya berangkat meninggalkan DP pukul 07.30 wib. Seperti biasa, sepanjang perjalanan regu bergerak sesuai prosedur germa, yaitu laksanakan pengamanan kiri-kanan jalan. Sekali-kali regu harus berlari dan berlindung mengatasi gangguan dari musuh. Germa selesai pukul 13.00 wib di SD kalibawang kab. Wonosobo.

Hari ke-3

Materi di hari ketiga ini adalah Perkuatan Medan. Kegiatan dalam materi perkuatan medan adalah membuat sumur tembakan. Tujuannya adalah sebagai tempat berlindung dari tinjauan dan tembakan pihak musuh. Hampir seharian kami berada di sumur tembak. Menunggu dengan penuh waspada apabila sewaktu-waktu musuh menyerang. Sekitar pukul 14.30 wib, seluruh regu diperintahkan untuk keluar dari sumur tembak menuju DP serangan. DP serangan ini merupakan tempet yang digunakan sebagai tempat istirahat dan menyusun rencana sebelum pasukan melaksanakan serangan. Pukul 17.45 regu saya sampai di DP serangan. Kegiatan yang dilakukan adalah berbivak dan istirahat. Keeseokan harinya kegiatan akan dilajutkan dengan laksanakan pengintaian sasaran.

Hari ke-4 dan ke-5

Kami laksanakan serangan setelah sebelumnya regu telah laksanakan pengintaian. Ah, ngantuk ki aku,,lanjut kapan2 lagi lah yah,,.. pokoknya hari ke-4 dan ke-5 seru dah, banyak tembak2an nya,,saya sampe bawa 3 magasen full munisi,,ah edan pokonya,,habis itu upacara penutupan, trus pulang deh ke home base.,...#*@>,//*&^ Zzzz.....,,



Oiya,tambahan: foto dari dok.humas akmil.

lebih lengkap cekidot on : www.akmil.ac.id


Tidak ada komentar: